Saturday, September 09, 2006

Festival Kentongan (1)

Kentongan merupakan salah satu alat yang terbuat dari bambu dan diberi rongga,
salah satu kegunaannya adalah sebagai sarana di suatu kampung pada ronda malam, baik untuk menjaga kemanan, maupun untuk mengumpulkan massa.
di daerah banyumas, kenthongan dijadikan sebagai suatu kesenian dengan memadukannya alat musik lainnya seperti beduk, seruling, pianica dan yang lainnya.
setiap tahun, pemerintah kab. banyumas menyelenggarakan festival kentongan. kebetulan pas 17an kemaren, saya melihat festival tersebut di purwokerto pada hari sabtu malam 19 agustus, dengan rute dari alun-alun purwokerto menyusuri jln jend. soedirman, kali putih dan berakhir di GOR Satria Purwokerto.
festival tersebut sangat mengundang perhatian masyarakat banyumas tentunya dengan memadati jalan-jalan yang dilalui para peserta festival tersebut.
ada sekitar 30an kelompok yang mengikuti festival tersebut dengan mewakili setiap kecamatan yang ada di wilayah banyumas.
kira-kira jam 21.00, para peserta memulai pawainya, dengan sambutan sangat meriah dari para penonton. dengan banyaknya peserta festival ini, para penonton pun rela melihat festival tersebut sampai dini hari.
Festival ini layak mendapat perhatian agar tetap dapat mempertahankan keberagaman budaya bangsa indonseia.
karena keterbatasan bandwidth, baru 4 foto yang di-upload, selebihnya akan diposting lagi di blog ini.
Kentongan dalam Wikipedia jawa
Kentongan dalam Wikipedia Banyumasan